Membahas tentang 7 cara jualan online .
Jualan dengan menggunakan media sosial sudah bukan menjadi cara rahasia lagi . Saat ini penggunaan internet tidak hanya untuk mencari info saja , tapi juga bisa dijadikan sebagai media promosi untuk meningkatkan traffic penjualan . Beberapa media sosial yang populer dipakai oleh jualan online adalah Facebook , Instagram dan BBM . Jualannya pun macam macam seperti baju , tas , kosmetik , dan banyak lainnya . Memang , menggunakan media sosial sebagai media jualan online ( Baca : Online Shop ) lebih menjanjikan daripada hanya mengandalkan cara lama ( Offline ) . Apalagi Indonesia menjadi pengguna internet terbesar No. 6 di dunia . Maka hal ini pasti akan menjadi daya tarik bagi para pemilik toko jualan online / online shop .
Sayangnya , walaupun Indonesia menjadi pengguna internet terbesar No. 6 di dunia , tapi masih ada saja toko online yang masih sepi pelanggan lantaran tidak mengerti aturan menjual secara online .
Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui sebelum memasuki dunia toko online . Karena saingan jualan online sangat banyak , maka kita harus ikut mengetahui cara untuk menjadi yang terunggul . Karena ilmunya bukan hanya mem-posting barang jualan semata dan setiap saat . Jadi , sekarang mari kita mulai membahas cara menjadi jualan online yang baik sehingga anda memiliki ide untuk mendapatkan pelanggan yang jitu .
1 . Cari Popularitas
Popularitas adalah hal yang menentukan banyak sedikitnyanya calon pelanggan yang mau mengunjungi toko online anda . Dengan kata lain , popularitas bisa disebut sebagai network atau jaringan . Bagaimana cara membangun popularitas toko online anda di media sosial ? .
Di media sosial , anda akan bertemu dengan ratusan bahkan ribuan orang yang bisa jadi calon pelanggan anda . Maka anda harus berusaha "menyukai" semua teman yang ada di media sosial anda . Karena semua teman teman di media sosial anda memiliki potensi yang sama untuk menjadi pelanggan . Jangan pernah mengacuhkan seorangpun dari mereka .
Semua orang pasti sangat senang jika dia direspons saat berbicara . Maka , untuk mendongkrak popularitas anda , ( yang pasti akan mendongkrak popularitas toko online anda juga ) , maka anda harus sebisa mungkin merespons aktifitas aktifitas yang mereka shared . Sebisa mungkin , berikan komentar walaupun singkat tentang aktifitas yang mereka shared . Dengan begitu , mereka akan mengenal dan menyadari bahwa anda adalah seorang teman yang baik yang juga layak di respons . Kata lainnya adalah "Timbal-Balik" . Dan hal itu tentunya akan menguntungkan anda . Buatlah selalu hubungan yang baik dengan mereka . Dengan cara demikian , mereka pun akhirnya akan merespon jualan anda , karena mereka telah merasa akrab dengan anda . Seperti halnya di dunia nyata , kita akan lebih cepat merespons keberadaan orang orang yang kita kenal daripada orang asing , betul tidak ? .
2 . Jangan Jualan Melulu , Bosan Tau !
Hal ini juga saya rasakan secara pribadi , BOSAN . Ya , bosan saat membuka Facebook , eh , isinya malah orang pada jualan . Ini media sosial atau pasar ? . Kok ramai sekali , bahkan postingan jual gorengan pun ada ... Alamaaaaak #tepok jidat
Nah , begitu pula yang dirasakan teman teman anda saat anda hanya mem-posting atau broadcast barang barang jualan anda tiap saat . Apalagi jika anda dicap sebagai orang yang "pelit" like dan malas komentar , maka "TET"! , hasilnya anda pun di delete dari kontak pertemanan karna anda dan jualan anda malah dianggap mirip spam :D
Anda harus mengerti kapan waktunya memposting jualan anda . 3 kali sehari cukup kok . Pagi , Sore , dan Malam . Saya namakan ini sebagai waktu minum Obat . Hehehe .
Kenapa saya memilih waktu waktu tersebut ? . Karena waktu waktu tersebut orang orang sedang melemaskan ketegangannya dengan cara bersantai . Bayangkan saja , kalau mereka lagi capek capeknya disian bolong , membuka Facebook , eh , berandanya malah dipenuhi postingan jualan anda . :D . Makin panas deh . Akhirnya dengan cuaca yang panas + postingan jualan yang tidak tepat waktu anda = Eneg , TET! . Anda di delete :D
Sungguh membosankan jika melihat jualan bertebaran di media sosial tiap jam . Anda juga pasti merasa kan ? . .
3 . Share Info , Berita bahkan Tutorial
Orang orang pasti akan suka jika di media sosial mereka terdapat sesuatu yang bermanfaat . Maka dari itu , anda harus mengatur waktu untuk jualan , dan jangan lupa , karna media sosial hakikatnya sebagai situs berbagi (bukan situs berdagang) , maka anda juga harus memposting tentang artikel artikel yang bermanfaat kepada mereka . Ini akan memberikan kesan bahwa anda adalah teman yang bermanfaat . Jadi , jangan hanya fokus pada jualan saja seakan akan anda seperti robot penjual online otomatis .
4 . Anda Adalah Teman Yang Peduli
Masih menyangkut dengan nomor nomor diatas ,
Jadikan diri anda sebagai orang yang peduli sama mereka . Siapa sih yang tidak gembira jika mendapat kepedulian dari orang lain ? . Saya rasa semuanya akan sangat gembira . Jangan lupa untuk memberikan ucapan Selamat Ulang Tahun saat mereka berulang tahun , atau jika mereka sakit , ucapkan Semoga Lekas Sembuh . Tentunya dengan kalimat yang sopan dan menyenangkan mereka , dan membuat kesan anda adalah teman yang peduli pada keadaan mereka . Dengan demikian , mereka akan lebih sering menaruh perhatian kepada postingan postingan anda .
5 . Mendengar Mereka , Berikutnya Anda Berbicara
Banyak mendengar memang selalu membuat orang lain merasa senang dengan kehadiran kita . Ini juga sebagai langkah awal untuk memulai hubungan yang baik antara kita dan teman teman di media sosial . Biarkan mereka meyelesaikan masalahnya di media sosial , bahkan lebih bagus jika anda ikut serta membantu menyelesaikan masalahnya . Hal ini akan sangat menyenangkan bagi mereka , karena ada seseorang yang mau mendengarkan mereka . Dengan begitu , anda akan berhasil merebut perhatiannya bahkan cintanya . Muehehe
6 . Selalu Sertakan Nama Toko Online anda
7 . Fast Response
Para pelanggan akan menjadi sangat jenuh dan jengkel jika menemui penjual yang slow response atau kurang responsif . Jika anda menjual di media sosial , maka sering seringlah mengecek notification anda . jangan pernah mengacuhkan komentar mereka , walaupun pertanyaan itu tidak penting bagi anda . Tetaplah layani mereka dengan baik dan cepat tanggap . Usahakan pula anda menjawabnya dengan lengkap dan ramah . Contohnya saat mereka bertanya ,"Bahannya apa ?" , maka anda jangan hanya menjawab , "Bahannya Cotton" , tapi jawablah dengan lengkap , seperti "ini bahannya cotton , mbak . Barangnya enak dipakai , adem , menyerap keringat dan cepat kering . Jahitannya kuat dan rapi" lengkapi pula dengan rekomendasi , seperti "cocok banget digunakan di aktifitas luar ruangan mbak . Modelnya fashionable dengan trend sekarang ." dan berikan juga seakan anda memberi sesuatu yang khusus , " Untuk mbak , saya kasih harga Rp 80 ribu deh (padahal harganya memang segitu , hehehe )"
sehingga mereka berpikir bahwa toko online anda tentunya sangat bagus , pelayanan ramah dan fast response sehingga akan nantinya mereka akan merekomendasikan toko jualan online anda pada kerabatnya.
jadi , inti dari ke 5 hal yang saya sebutkan adalah , anda harus bisa menjadikan diri anda sebagai teman yang menyenangkan , bahkan kalau bisa , postingannya selalu ditunggu . Dengan merebut perhatian mereka , maka peluang anda dalam mendapatkan pelanggan di media sosial sangat besar .
COMMENTS