Cara menurunkan demam pada anak

Anak demam ?. Jika sudah begini , biasanya anak akan rewel dan akan susah membujuknya . Yah , walaupun kadang juga tidak demikian , tapi...



Anak demam ?. Jika sudah begini , biasanya anak akan rewel dan akan susah membujuknya . Yah , walaupun kadang juga tidak demikian , tapi yang namanya orang tua pasti tidak akan membiarkan anaknya sakit kan ? .

Pertama tama , jika kita ingin menurunkan demam anak , maka kita harus tau penyebab demam . Jangan sampai kita menganggapnya sebagai hal sepele , yang mungkin malah akan berakibat fatal . Nah , mari kita pelajari dulu .

1 . Demam karena infeksi


Dalam kasus ini , suhu tubuh bisa meningkat mencapai < 38 Derajat Celcius . Demam ini biasanya terjadi akibat serangan virus cacar , campak , flu , demam berdarah , tifus dan lain lain . Biasanya demam ini disertai dengan batuk pilek , Infeksi saluran kemih , lemas , tenggorokan terasa pahit ,

2 . Demam non-infeksi
Demam ini biasanya terjadi karna adanya penyakit autoimun ( contoh , lupus , rematik dan lainnya ) atau adanya serangan kanker ataupun tumor .

3 . Demam fisiologis
Demam ini adalah demam dengan tingkatan terendah . Demam ini biasanya terjadi karena kekurangan cairan , suhu udara yang panas , baru tumbuh gigi dan lain lain . Tapi , tetap saja anda harus memeriksa hal ini . Jangan sampai , anda mengira bahwa sang anak demam karena giginya baru tumbuh , tapi ternyata sang anak malah terkena penyakit serius ! .

Lalu , bagaimana cara mengatasinya ?.

1 . Jika anda merasa sang anak demam karena suhu udara atau demam tingkat ringan , maka cukup dikompres dengan air hangat saja dan berikan air kelapa muda jika kekurangan cairan ( dehidrasi ).

2 . Jika mengalami demam infeksi , maka anda bisa mencoba ramuan alami berikut :

Dosis aman untuk ramuan berikut adalah :
Bayi > 7 bulan-2 tahun          1/8 dosis dewasa
Anak 2 - 5 tahun                    1/4 dosis dewasa
Anak 6-9 tahun                      1/3 dosis dewasa
anak 10-13 tahun                   1/2 dosis dewasa
anak 14-16 tahun                   3/4 dosis dewasa


- Lempuyang Emprit ( Zingibers Americans )





Lempuyang Emprit mengandung senyawa sekuiterpenketon yang mampu menurunkan panas . Biasanya , bagian yang dipakai adalah rimpangnya yang berwarna putih jingga dan terasa agak pahit .
Caranya : Ambil sekitar 10 gram rimpang Lempuyang Emprit ,lalu parut . Tambahkan 100 ml air panas dan aduk merata . Setelah dingin , saring dan pisahkan dari ampasnya . Tambahkan 3 sdm madu kedalam ramuan dan minumkan pada anak dengan dosis 3x1 .


- Kunyit ( Curcuma Longa )





Kunyit mengandung minyak atsiri , curcumin , tumeron , serta zingeberen yang berfungsi sebagai anti bakteri , antioksidan dan juga anti-inflamasi (peradangan) .
Caranya : ambil sekitar 10 gram kunyit . parut lalu campurkan parutan kunyit dengan air panas .Aduk rata dan saring . Pisahkan ramuan dari ampas . campur ramuan dengan perasan dari 1/2 jeruk nipis , madu 3 sdm dan aduk rata .  bagilah ramuan menjadi 3 bagian , dan minumkan pada anak dengan dosis 3x1 .


-  Sambiloto ( Andrographis Paniculata )





Sambiloto memiliki kandungan Andrografolid LactonesDiterpene , Glucosides , dan Flavonoid yang berfungsi menurunkan panas . Pada tahun 1991 telah diadakan sejumlah penelitian tentang daun sambiloto dan ditemukan kesimpulan bahwa penggunaan 6 gram daun sambiloto per hari sama fungsinya dengan parasetamol .
Caranya : Ambil 10 gram daun sambiloto kering , 25 gram rimpang kunyit , dan 200cc air . Cuci bersihdan  . Setelah direbus , dinginkan dan saring . Pisahkan ampas dan ramuan . campurkan ramuan dengan 3 sdm madu . Bagi menjadi 3 bagian . Berikan pada anak dengan dosis 3x1 .


- Pegagan ( Centella Asiatica L. )





Pegagan , Pegaga (Aceh), daun kaki kuda (Melayu), ampagaga (batak), antanan (sunda), gagan-gagan, rendeng (jawa), piduh (bali) sandanan (irian) broken copper coin, semanggen (Indramayu,Cirebon), pagaga (Makassar), daun tungke (Bugis)  memiliki kandungan Triterponoid , Saponin , Hydrocotyline dan Vellarin yang berfungsi untuk me-revitalisasi tubuh , menurunkan suhu badan , serta memperkuat struktur jaringan tubuh . 
Caranya : Ambil segenggam Pegagan , cuci bersih dan rebus dengan 400cc ( 2 gelas ) air bersih . Rebus hingga berkurang menjadi 200 cc . Setalah itu , saring dan pisahkan ampas dari ramuan . Campurkan madu ke ramuan dan aduk rata . Pisah menjadi 3 bagian dan minumkan pada anak dengan dosis 3x1 .


-Temulawak ( Curcuma Xanthoriza Roxb. ) 





Temulawak memiliki kandungan Germacrene , Xanthorrhizol , Alpha Bheta Curcumena , dan lain lain yang berfungsi sebagai anti-inflamasi , antibiotik serta meningkatkan produksi dan sekresi empedu . Temuawak telah dipercaya sejak dulu sebagai penurun panas , membantu meningkatkan nafsu makan , mengatasi maag , kembung dan lain lain .
Caranya : Ambil 10 gram temulawak . Cuci bersih . parut dan larutkan parutan temulawak kedalam air hangat 100 cc ( 1/2 gelas ) . Aduk rata dan saring . Pisahkan ampas dan ramuan . Campurkan 3 sdm madu kedalam ramuan , aduk rata . Pisahkan menjadi 3 bagian , minumkan pada anak dengan dosis 3x1 .


- Daun Kembang Sepatu ( Hibiscus Rosa Sinesis )





Daun kembang sepatu memiliki kandungan Flavonoid , Saponin danPolifhenol .
Caranya : Cuci bersih daun kembang sepatu . Rebus dengan api kecil sampai daun jadi layu . Angkat dan dinginkan . Ambil daun yang sudah direbus . Remas dengan 5 ml minyak kelapa . Lalu gunakan sebagai kompres .


- Meniran ( Phyllanthus Naruri L. )





Meniran memiliki kandungan Lignan , Flavonoid , Alkoloid , Triterpenoid , Tanin , Vit. C dan lain lain yang berfungsi untuk menurunkan suhu badan dan meningkatkan daya tahan tubuh .
Caranya : Ambil segenggam meniran dan cuci bersih . Rebus dengan 400 cc ( 2 gelas ) air bersih hingga airnya berkurang menjadi 200 cc ( 1 gelas ) . Saring dan pisahkan ampas dari ramuan . Tambahkan 2 sdm madu . Bagi menjadi 3 bagian dan minum dengan dosis 3x1 . 


Penting ! : Jika dalam 2-3 hari tidak ada perubahan , segera bawa ke dokter ! . 


3 .  Jika anda merasa anak menderita demam non-infeksi , maka segera bawa ke puskesmas atau rumah sakit ! .


Sekian dari wahasik.blogspot.com













COMMENTS

Nama

Aneh,1,artis,16,Buah,11,Cerita Horor,2,Chord,3,Coding,1,edukasi,31,humor,21,Informasi,163,Kecantikan,32,kesehatan,31,kisah hidup,36,Kisah Inspirasi,1,Legenda,4,Mata,5,Olahraga,1,pengalaman,6,puisi,13,rambut,6,Review Film,1,Teknologi,11,Ternak,1,Tips Perawatan,22,tubuh,26,Walkthrough Game,2,Webinar,10,Wisata,2,Wordpress,1,
ltr
item
Wah Asik: Cara menurunkan demam pada anak
Cara menurunkan demam pada anak
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEja13B8t-Fo6a_QKXPvy6dGozpzfPO9llApW1Zp8CIx2ToczeBVQw3LTD_UHCNSqXj4V2QttchfoAFkAGnbXXijBKTWJ1UB_wW-3ZIMXGKVFZ_gGGFEaYNPkQ6akhZRHxzNqDLmSChY58Q/s320/fever+child.gif
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEja13B8t-Fo6a_QKXPvy6dGozpzfPO9llApW1Zp8CIx2ToczeBVQw3LTD_UHCNSqXj4V2QttchfoAFkAGnbXXijBKTWJ1UB_wW-3ZIMXGKVFZ_gGGFEaYNPkQ6akhZRHxzNqDLmSChY58Q/s72-c/fever+child.gif
Wah Asik
http://wahasik.blogspot.com/2012/03/cara-menurunkan-demam-pada-anak.html
http://wahasik.blogspot.com/
http://wahasik.blogspot.com/
http://wahasik.blogspot.com/2012/03/cara-menurunkan-demam-pada-anak.html
true
5149748511155762622
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy