Sejarah alat musik Gitar

hay sobat wahasik, tetep asik kan wartanya?.... kali ini kita (kita?... loo aja caleszz...) akan bahas tentang sejarah alat musik gitar, su...

hay sobat wahasik, tetep asik kan wartanya?....
kali ini kita (kita?... loo aja caleszz...) akan bahas tentang sejarah alat musik gitar, sudah barang tentu banyak yang sudah pernah melihat alat musik yang satu ini, bahkan mungkin pernah memegang, atau memainkannya.
namun tahukan anda perjalanan awal mula terciptanya lat musik petik yang saat ini banyak kita jumpai di banyak tempat ini?...


saat ini Gitar merupakan alat musik wajib yang harus ada dalam sebuah pertunjukan musik, bahkan dengan kepiawaian pemainnya dan juga dukungan aksesoris-aksesoris yang ada saat ini hanya dengan satu alat musik yaitu gitar bisa mengiringi lagu dengan sempurna.
secara umum gitar terbagi menjadi dua jenis yaitu gitar Akustik, dan Gitar klasik.

gitar akustik adalah gitar dimana badan nya berlubang.
Terdapat tiga jenis utama gitar akustik modern: gitar akustik senar-nilon, gitar akustik senar-baja, dan gitar archtop. Gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen solo menggunakan teknik fingerpicking komprehensif.

Gitar Elektrik adalah gitar dimana telah dilengkapi dengan penguat suara yang bisa di hubungkan dengan alat elektronik sehingga mampu memperkuat dan memanipulasi suara yang di hasilkan dari petikan senar-senarnya. pada awal kemunculannya gitar elektrik menggunakan badan berlubang (hollow body), namun kemudian penggunaan badan padat (solid body) dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai genre musik seperti blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan berbagai bentuk musik pop.

Sejarah alat musik Gitar

Kata 'gitar' atau dalam bahasa Inggris di kenal dengan istilah "Guitar", pada mulanya diambil dari nama alat musik petik kuno di wilayah Persia yang ada sekitar tahun 1500 SM yang dikenal sebagai citar atau sehtar.
Alat musik ini kemudian berkembang menjadi berbagai macam model gitar kuno yang dikenal dengan istilah umum tanbur. Pada tahun 300 SM Tanbur Persia dikembangkan oleh bangsa Yunani dan enam abad kemudian oleh bangsa Romawi (Bellow, 1970:54-55).
Pada tahun 476M alat musik ini dibawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol dan bertransformasi menjadi: guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi, dan Guitarra Latina untuk memainkan akor.

Tiga abad kemudian bangsa Arab membawa semacam gitar gambus dengan sebutan al ud ke Spanyol (Summerfield, 1982:12). Berdasarkan konstruksi al ud Arab dan kedua model gitar dari Romawi tersebut, bangsa Spanyol kemudian membuat alat musiknya sendiri yang disebut vihuela.
Sebagai hasilnya, vihuela menjadi populer di Spanyol sementara alat-alat musik pendahulunya sedikit demi sedikit ditinggalkan. Walaupun demikian al ud dibawa orang ke negara-negara Eropa Barat dan menyaingi popularitas vihuela di Spanyol.
Di Eropa al ud disambut dengan baik dan berkembang menjadi berbagai model lute Eropa hingga kira-kira akhir abad ke-17. Sementara itu vihuela berkembang terus menjadi berbagai macam gitar selama berabad-abad hingga akhirnya menjadi gitar klasik yang digunakan pada saat ini.

Beberapa ahli merasa alat ini berasal dari benua Afrika, di mana banyak replika modern dalam bentuk kotak bulat seperti kulit kerang dengan Gut / benang benang sutera, dimana alat-alat musik seperti itu banyak di temukan di berbagai daerah di benua Afrika. Ahli lain menemukan alat ini dalam bentuk kaca di relief relief batu tua di zaman Asia Tengah dan Asia Kuno. Bahan pemikiran lain juga timbul dengan ditemukannya vas vas Yunani Kuno yang bercorak.
Greek Strings mungkin adalah alat pertama yang dikatagorikan sebagai gitar. Gitar modern kemungkinan berakar dari gitar Spanyol, tetapi berbagai jenis gitar seperti instrumen instrumen yang kita bisa saksikan dilukisan lukisan pada zaman Medieval dan Renaiassance juga banyak terdapat diseluruh Eropa.

yapzs.. demikian sobat wahasik perjalanan panjang dari alat musik gitar. artikel ini admin ambil dari berbagai sumber yang admin rasa cukup dapat di percaya, so semoga bisa menambah wawasan kita khususnya tentang sejarah alat musik gitar.

Sumber : Wikipedia

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

Aneh,1,artis,16,Buah,11,Cerita Horor,2,Chord,3,Coding,1,edukasi,31,humor,21,Informasi,163,Kecantikan,32,kesehatan,31,kisah hidup,36,Kisah Inspirasi,1,Legenda,4,Mata,5,Olahraga,1,pengalaman,6,puisi,13,rambut,6,Review Film,1,Teknologi,11,Ternak,1,Tips Perawatan,22,tubuh,26,Walkthrough Game,2,Webinar,10,Wisata,2,Wordpress,1,
ltr
item
Wah Asik: Sejarah alat musik Gitar
Sejarah alat musik Gitar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjZzjPBZSef2ePV_tif1EB5U62b0-vOi7SaLqLzOMXEp13-Cngnm6tOxv-PIKz9yIqbVrMDkrHr0LvLqCjagSIa50CoHrE4XtERZT1C_bMLYOU9GAbdN73NPogM0ah7AehABjXRbwEpPYvv/s1600/girl-with-guitar-wahasik.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjZzjPBZSef2ePV_tif1EB5U62b0-vOi7SaLqLzOMXEp13-Cngnm6tOxv-PIKz9yIqbVrMDkrHr0LvLqCjagSIa50CoHrE4XtERZT1C_bMLYOU9GAbdN73NPogM0ah7AehABjXRbwEpPYvv/s72-c/girl-with-guitar-wahasik.jpg
Wah Asik
http://wahasik.blogspot.com/2016/07/sejarah-alat-musik-gitar.html
http://wahasik.blogspot.com/
http://wahasik.blogspot.com/
http://wahasik.blogspot.com/2016/07/sejarah-alat-musik-gitar.html
true
5149748511155762622
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy