Perawatan kaki penderita Diabetes

Perawatan kaki penderita diabetes

gambar Ilustrasi
perawatan kaki penderita diabetes

Perawatan kaki penderita diabetes Melitus.

pemeriksaan dan perawatan kaki pada penderita kaki diabetes melitus bertujuan untuk mencegah terjadinya luka, pemeriksaan tersebut sangat penting karena untuk mencegah keruskan syaraf kaki yang bisa menyebabkan kaki penderita tidak bisa merasakan nyeri sama sekali. bagian kaki yang di periksa adalah punggung kaki, telapak kaki, dan sela-sela jari.

diabetes dapat menyebabkan dua potensi ancaman untuk kaki yang dapat menyebabkan amputasi yaitu
  1. Kerusakan Syaraf
    ketika jaringan syaraf di kaki rusak, sensasi rasa sakit menjai berkurang. itu sebab kaki dapat terluka atau terpotong tanpa penderita menyadaarinya.
  2. Mengurangi aliran darah
    diabetes juga dapat mempersempit pembuluh arteri, sehingga dapat mengurangi aliran darah ke kaki. Dengan kurangnya darah untuk memberi nutrisi pada jaringan kaki, maka luka menjadi sulit untuk di sembuhkan.
    luka kecil yang tersembunyi di bawah kaki dapat cepat berkembang menjadi luka besar yang parah.

    Luka dan infeksi yang terlanjur parah dapat menyebabkan dilakukannya amputasi.
BAGAIMANA CARA PERAWATAN KAKI DIABETES MELITUS :
  1. membersihkan kaki setiap hari dengan air bersih dan sabun mandi.
  2. memberikan pelembab atau lotion pada daerah kaki yang kering agar kulit kaki tidak menjadi retak.
  3. gunting kuku kaki lurus mengikuti bentuk normal jari kaki, jangan terlalu dalam/terlalu dekat dengan kulit.
    kemudian kikir ujung kuku agar tidak tajam.
  4. pakai alas kaki sepatu atau sandal untuk melindungi kaki.
  5. gunakan sepatu atau sandal yang baik bersih yang sesuai dengan ukuran kaki sehingga nyaman dan tersedia cukup ruang untuk jari-jari kaki di dalam sepatu.
  6. periksa sepatu/sandal sebelum dipakai, apakan ada benda asing yang mungkin bisa melukai kaki, misalnya kerikil atau benda yang lain.
  7. kendalikan kadar   gula darah.
  8. rutin berkunjung ke Puskesmas, dokter praktek perorangan atau klinik untuk memeriksakan kesehatan.
  9. segera lakukan perawatan dengan berkunjung ke puskesmas/klinik jika terjadi luka pada kaki.
di atas cara perawatan kaki untuk penderita Diabetes Melitus , bagi penderita diabetes juga sangan di anjurkan melakukan senam kaki dengan gerakan-gerakan simple.
detail tentang senam kaki untuk diabetes akan diulas pada artikel selanjutnya.


sekian semoga bermanfaat, salam asik bersama wahasik.

Sumber/Referensi : www.bpjs-kesehatan.go.id 

COMMENTS

BLOGGER: 4
Loading...
Nama

Aneh,1,artis,16,Buah,11,Cerita Horor,2,Chord,3,Coding,1,edukasi,31,humor,21,Informasi,163,Kecantikan,32,kesehatan,31,kisah hidup,36,Kisah Inspirasi,1,Legenda,4,Mata,5,Olahraga,1,pengalaman,6,puisi,13,rambut,6,Review Film,1,Teknologi,11,Ternak,1,Tips Perawatan,22,tubuh,26,Walkthrough Game,2,Webinar,10,Wisata,2,Wordpress,1,
ltr
item
Wah Asik: Perawatan kaki penderita Diabetes
Perawatan kaki penderita Diabetes
Perawatan kaki penderita diabetes
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBnA5U4ANWJfDGX0UaRp-inFGReWefX-GxR8mVxhqVhEjfvn1DhLIxnEYX1yLIlfILEvehV3Oeuk8K0nDjuV4ngFs7h1Wn8QWxvHQhFHZDbAC0JZz8flwWWvSWOnt8sxSbA_gjjUXBdTzt/s1600/wahasik-perawatan-kaki-secara-alami.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBnA5U4ANWJfDGX0UaRp-inFGReWefX-GxR8mVxhqVhEjfvn1DhLIxnEYX1yLIlfILEvehV3Oeuk8K0nDjuV4ngFs7h1Wn8QWxvHQhFHZDbAC0JZz8flwWWvSWOnt8sxSbA_gjjUXBdTzt/s72-c/wahasik-perawatan-kaki-secara-alami.jpg
Wah Asik
http://wahasik.blogspot.com/2017/09/perawatan-kaki-penderita-diabetes.html
http://wahasik.blogspot.com/
http://wahasik.blogspot.com/
http://wahasik.blogspot.com/2017/09/perawatan-kaki-penderita-diabetes.html
true
5149748511155762622
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy